Selasa, 23 Februari 2010

Tips SEO ( Search Engine Optimization)

Apa itu SEO (Search Engine Optimization) ?
suatu cara yang di lakukan oleh Web master ataupun Blog master untuk mengoptimalkan situs ataupun blog mereka agar mendapatkan rangking yang baik pada search engine atau mesin pencari. Dan yang saya mau bicarakan adalah tips optimalisasi pada mesin pencari Google, karena untuk saat ini google adalah mesin pencari terpopuler di dunia.

dan mungkin banyak kesalahan, namun bagi para pemula bolehlah untuk di baca dan di coba, karena yang saya tulis adalah merupakan hal-hal yang kang rohman lakukan dan sampai sekarang masih merasakan manfaatnya, ini terbukti dari laporan dari tracker yang saya gunakan baik itu dari site meter ataupun google analytics bahwa pengunjung blog kang rohman ini hampir 50 persen berasal dari search engine.

Agar tidak terlalu berlama-lama membaca intermezo, berikut ini adalah beberapa tips agar blog kita mendapatkan ranking yang baik pada search engine :


  • Original Content / isi yang orsinil.


  • Hal pertama yang harus di ingat agar blog anda mendapatkan rangking yang bagus pada mesin pencari adalah isi dari blog anda adalah orsinil buah karya tulisan anda sendiri atau dengan kata lain bukanlah hasil copy paste dari hasil karya orang lain. Selain sebagai optimalisasi terhadap mesin pencari, tindakan copy paste sering mengundang permasalahan dari pemilik asli karya tersebut, apalagi yang anda copy paste tersebut di lindungi oleh undang-undang atau dengan kata lain copyright, anda bisa benar-benar akan mendapatkan masalah yang serius.


  • Memasang Meta tag pada bagian header kode template.


  • Hal kedua yang jangan sampai di lupakan adalah harus memasang meta tag pada bagian header kode template anda. Untuk yang satu ini pernah saya bahas pada postingan yang ini, akan tetapi terus dalam memasang meta tag agak sedikit berbeda dengan yang saya terangkan pada postingan tersebut, kalau anda ingin memasang meta tag seperti yang saya pakai, kodenya adalah seperti ini :

    bla bla bla


    Untuk author serta meta keyword tentu saja harus di sesuaikan dengan milik anda sendiri. Khusus untuk para master, mohon di koreksi apabila ada kesalahan pemasangan kode (maklum pemula, pasang kode tidak tahu bener atau nggaknya).

    Setelah memasang meta tag, sebaiknya anda menganalisa meta tag yang anda pasang tersebut dengan meta tag analizer. Untuk meta tag analyzer anda bisa menggunakan berbagai tools gratis di internet, caranya sangat mudah yaitu anda tinggal mengetikan keyword meta tag analyzer pada mesin pencari di bawah ini tapi pilih yang untuk Web jangan yang kolom tutorial nya, silahkan di coba kalau mau.
  • Pasang keyword yang sesuai dengan isi blog anda.


  • Dalam memasang meta keyword, sebaiknya keyword yang anda gunakan adalah yang berhubungan dengan isi blog anda. Misalkan blog anda mempunyai topik tentang kesehatan, maka keyword yang anda gunakanpun harus keyword tentang kesehatan.

    Selain harus berhubungan dengan isi dari blog anda, keyword yang di pasangpun haruslah keyword yang banyak di cari oleh orang (pengguna internet), percuma saja rangking blog anda mendapatkan posisi pertama di mesin pencari dengan keyword tertentu namun keyword tersebut jarang dicari atau bahkan tidak pernah di cari oleh orang banyak. Sebagai contoh anda memasang keyword borokokok pada meta keyword anda, dan ketika anda ketik borokokok pada mesin pencari posisi blog anda berada pada posisi teratas alias nomor satu, namun perlu di ingat bahwa apakah keyword borokokok tersebut akan di cari oleh orang banyak atau tidak? Jika kira-kira keyword tersebut tidak akan di cari oleh orang, maka sebaiknya jangan memasang keyword tersebut dan silahkan cari keyword yang lain yang sekiranya banyak di cari oleh orang banyak.

    Untuk masalah keyword ini, andapun bisa mencari tool-tool gratisan yang bisa memberikan anda sugesti keyword-keyword apa saja yang banyak di cari oleh orang banyak. Silahkan di cari sendiri pada mesin pencari yang di atas.

    1 komentar: